Saturday, February 3, 2018

Sejarah desa Labang Sreseh Sampang

  Hellow sobat. !!
Welcome to My blogger.
Sebelumnya, Terimakasih telah mengunjungi my_blog
 Ok sobat....
langsung saja. Yukk kita pahami Sejarah desa labang. !
   SELAMAT MEMBACA
 Oleh : Tomi adi sanjaya




Sejarah desa

Sejarah Desa Labang tidak terlepas dari sejarah masyarakat di kecamatan sreseh kapubaten sampang. Nama desa ini berasal dari kata labang yang artinya pintu masuk desa labang dulu pintu yang ada di dusun labang desa labang tersebut ada sebuah gapura dan gapura itulah yang digunakan oleh pihak kerajaan sebagai pintu gerbang untuk memasuki desa labang sehingga desa ini diberi nama desa labang.

Dulu di desa Labang memiliki sebuah masalah yang sangat besar, masalah yang harus melibatkan banyak pihak seperti kyai / tokoh masyarakat dan masyarakat . Banyak para kyai / tokoh masyarakat berkumpul di salah satu masjid yang paling lama dan satu-satunya di desa labang. dimana paraa kyai mencoba mencari solusi atas sebuah permasalahan tersebut, sayangnya banyak solusi yang kurang tepat. sehingga ada salah satu kyai yang ada di sekitar masjid memberikan solusi yang tepat dan benar. karena itu di daerah masjid tersebut disebut Dusun Benderan / Kebenaran.
Ada raja di sreseh yang mempunyai kuda yang selalu di bawa . ditunggangi bahkan tidak jarang sang raja sendiri lah yang mencarikan makan untuk sang kuda. karena sang raja yang sering mengembala kuda tersebut sehingga daerah tersebut disebut Dusun Tangkor.

Dusun Labang sesuai dengan namanya tersebutlabang yang berarti pintu. dimana dusun ini merupakan akses pintu masuk kerajaan di sreseh

Diberi nama Dusun Sempoan karena dahulu kala ada seorang ratu kerajaan yang sangat cantik. sang ratu sangat peduli terhadap kebersihan. karena kebersihannya tersebut sang ratu selalu meminta agar bajunya sangat bersih, walaupun pakaiannya sudah bersih sang ratu selalu meminta pakaiannya mensempuh sehingga Dusun tersebut disebut Dusun Sempoan.
______________________________________________

TERIMAKASIH


No comments:

Post a Comment